11/01/2011

Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing)‏


Merupakan salah satu metode knowledge manajement yang digunakan untuk membe-rikan kesempatan kepada anggota suatu organisasi, instansi atau perusahaan untuk berbagi ilmu pengetahuan, teknik, penga-laman dan ide yang mereka miliki kepada anggota lainnya
Berbagi pengetahuan hanya dapat dilakukan bilamana setiap anggota memiliki kesem-patan  yang luas dalam menyampaikan pen-dapat, ide, kritikan dan komentar kepada anggota lainnya.
Knowledge sharing penting dalam organisasi. Perusahaan perlu memanfaatkan cara kerja unit yang berkinerja baik untuk diimplemen-tasikan di unit yang belum berhasil. Demi menjaga kelangsungan hidup organisasi diperlukan knowledge sharing.
Knowledge sharing juga bermanfaat meningkatkan kinerja perusahaan. Di dalam setiap unit organisasi selalu tersedia pengetahuan yang terbaik atau  Best Practices, yakni cara sesuatu dengan baik.
Best Practices ini perlu dideseminasi atau disebarkan ke seluruh melakukan unit kerja organisasi.

Sumber Best Practices

1. Dari Daalam Organisasi.
            Sumber dari internal perusahaan merupakan skill, pengalaman, know how,  dan kreatifitas yang dimiliki oleh para karyawan perusahaan yang disebut Human Capital.
 
2. Dari Luar Organisasi
            Merupakan replikasi dan benchmarking yang diperoleh dari organisasi/ perusahaan lainnya yang dapat digunakan langsung di lingkungan perusahaan.

Pentingnya Berbagi Pengatahuan
Meningkatkan kemampuan karyawan agar mampu berfikir secara logika yang akan menghasilkan suatu bentuk inovasi. Inovasi merupakan suatu proses dari ide melalui penelitian dan pengembangan akan menghasilkan prototipe yang bisa dikomer-sialkan 
Hambatan Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing)
Menurut Szulanski (1996) bersumber dari kecemburuan antar divisi, departemen, rendahnya insentif, keyakinan, dan komitmen Hambatan-hambatan ini bisa diminimalisasi melalui peningkatan trust  dan kerjasama di lingkungan organisasi. Itu tercipta melalui komunikasi dan sosialisasi yang lebih efektif tentang arti dan manfaat knowledge sharing.

Knowledge Tersimpan Dalam Organisasi Dengan Struktur
  1. 41% dipikiran (otak) karyawan
  2. 26% dokumen kertas
  3. 20% dokumen elektronik
  4. 12% knowledge based-electronics

Metode Knowledge Sharing

1.    Workshop (Loka Karya) :
Suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah ter-tentu dan mencari solusinya Sebuah lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil

2.    Seminar :
Merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis baik di sebuah Universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau professional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti "tanah tempat menanam benih". Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif Seminarse ringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal.

3.    Town Meeting (Kota Pertemuan) :
Brussel menjadi pertemuan dua masa peradapan Ada kemegahan bangunan Eropa kuno yang menjadi simbol kemegahan kota ini di masa lalu, selain terselip juga pencakar langit modern dengan kekayaan arsitektur masa kini . Kota ini seperti sebuah masa dimana        pertemuan antara masa lalu dan masa kini

4.    Mentoring Sessions (Mentoring Sesi) :
Sebuah proses untuk membantu seseorang menemukan jati dirinyaMentoring adalah sebuah proses dari rang-kaian pembentukan karakter manusia Dari mentoring akan dihasilkan berbagai hal yang terpenting adalah ketangguhan karakter.
        
5. Website (Situs)

0 komentar:

Posting Komentar