10/24/2011

Data Jaringan



Tinjauan

Jaringan data adalah sistem komunikasi yang diinstal dan dioperasikan secara eksklusif untuk transfer informasi antara perangkat komunikasi data (misalnya komputer). Jaringan data jenis jaringan distribusi meliputi tempat (PDN's), jaringan area lokal (LAN's), metropolitan area network (MAN's), dan wide area network (WAN's). Ini adalah hirarkis dengan PAN menjadi yang terkecil dan WAN menjadi payung arsitektur.

PANS jarak pendek sistem komunikasi data yang terutama digunakan untuk interkoneksi peralatan perifer (seperti mouse atau keyboard) dengan komputer lokal atau sistem komputasi. LAN terpercaya dirancang untuk mentransfer data dalam jumlah besar dengan cepat dan bebas dari kesalahan atas wilayah yang sangat kecil seperti kantor.
MAN's memfasilitasi LAN-to-LAN pertukaran informasi dalam bidang pertukaran telepon lokal. Penggunaan WAN memungkinkan informasi yang akan dipertukarkan antara LAN yang terletak di jarak yang signifikan dari satu sama lain. Sebagai contoh sebuah LAN di Chicago berbagi informasi dengan sebuah LAN Seattle akan melakukannya di sebuah WAN.

Sebuah jaringan data terdiri dari beberapa bagian penting seperti data terminal (misalnya, komputer pribadi), adapter jaringan, kabel akses, dan distribusi data node (misalnya, router, brouters, dan switch.) Dalam beberapa jaringan data, jaringan manajemen / kontrol sistem yang digunakan untuk mengkonfigurasi, memantau, mengkoordinasi, dan mengendalikan elemen-elemen jaringan.

Data Terminal
Data Terminal data input dan output perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer yang terletak jauh atau perangkat komunikasi data lainnya. Data terminal sering terdiri dari keyboard, video display monitor, dan komunikasi sirkuit yang dapat menghubungkan terminal data dengan komputer yang terletak jauh.

Istilah "terminal data" sering digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis peralatan termasuk komputer pribadi (PC), berdedikasi "bodoh" terminal, workstation ilmiah, dan jenis-jenis komputer yang dapat berkomunikasi dengan komputer lain atau komputer host.

Peralatan terminal data (DTE) adalah sebuah alat yang menangkap dan mengatur (misalnya cerita bersambung) informasi untuk komunikasi ke perangkat komunikasi lainnya. Peralatan komunikasi data (DCE) rangkaian majelis yang mengkonversi informasi data ke format yang dapat ditransfer melalui jaringan komunikasi.

Network Interface Card (NIC)
Sebuah NIC adalah sebuah alat yang menyesuaikan jaringan komunikasi data protokol untuk data antarmuka bus atau data dalam komputer. NIC diinstal antara jaringan komputer (seperti Ethernet) dan sebuah bus data komputer (seperti soket PCI). NIC biasanya PC konektor dan papan ekspansi sistem operasi. Software (NIC driver) terinstal dan setup untuk mengenali kartu NIC di komputer.

LAN Wiring
Umumnya ada tiga jenis kabel yang digunakan dalam sistem LAN: twisted pair, coaxial cable (membujuk), dan serat. Dari jumlah tersebut, twisted pair dominan karena beberapa alasan: kemudahan instalasi, ketersediaan, biaya, dan kecepatan sebagai fungsi dari biaya relatif.

Twisted pair datang dalam berbagai "kategori" dan terlindung baik twisted pair (STP) atau unshielded twisted pair (UTP). UTP adalah lebih murah dan yang paling banyak digunakan. STP memiliki luar konduktor tembaga atau aluminium foil yang terletak tepat di bawah lapisan luar kawat. Di daerah di mana ada insiden signifikan interferensi elektromagnetik (EMI), seperti di lantai pabrik mesin atau rumah sakit radiologis dan peralatan pencitraan medis, STP digunakan.

Kabel twisted pair diklasifikasikan berdasarkan kategori yang berhubungan dengan kecepatan transmisi data di mana kabel data yang mampu lulus. Untuk setiap kategori ada spesifikasi manufaktur seperti kualitas kabel, isolasi karakteristik, dan jumlah tikungan per inci. Umumnya, semakin tinggi jumlah twists, semakin tinggi tingkat transmisi data dapat.

Jaringan Distribusi dan Routing
Distribusi jaringan dan peralatan routing menyediakan jalur komunikasi antara pengguna akhir dan layanan yang mereka inginkan untuk digunakan (misalnya, Internet). Ada tiga metode dasar yang digunakan untuk mendistribusikan dalam jaringan data: area (distribusi hub), jalur khusus (switching node), dan packetswitching (router).

Hub broadcast informasi ke seluruh perangkat komunikasi yang berhubungan dengan itu. Switches membuat fisik atau logis hubungan antara perangkat komunikasi data. Router switch cerdas rute yang dapat secara dinamis (beralih ke router lain) paket data menuju tujuan akhir mereka.

Protokol
Protokol adalah seperangkat aturan yang tepat, waktu, dan sintaks yang mengatur transfer informasi akurat antar perangkat atau aplikasi piranti lunak. Protokol kunci di jaringan transmisi data termasuk akses protokol, handshaking, baris disiplin, dan sesi protokol.

Akses protokol adalah serangkaian aturan yang workstation digunakan untuk menghindari tabrakan bila mengirim informasi melalui media jaringan bersama. Protokol akses juga dikenal sebagai media access control (MAC) protokol. Handshaking protokol melibatkan urutan peristiwa yang terjadi antara perangkat komunikasi yang menegosiasikan aturan transmisi data dan memastikan pengiriman data dapat diandalkan. Ketika data perangkat mulai berkomunikasi, mereka menemukan kemampuan dan setuju pada seperangkat protokol untuk menggunakan komunikasi data selama sesi. Line disiplin adalah urutan peristiwa yang harus terjadi untuk mengontrol penerimaan data, melakukan deteksi dan koreksi kesalahan, dan multiplexing informasi kontrol, jika perlu. Sesi protokol mengontrol end-to-end koneksi komunikasi data sesi. Sesi protokol memastikan semua data yang diterima dan dalam urutan yang benar.

Protokol yang berbeda dapat digunakan dalam sistem yang menyediakan fungsi yang sama.
Contoh dari hal ini adalah cincin token dan Ethernet. Meskipun jaringan tersebut dapat benar-benar menggunakan sistem isyarat yang sama, mereka menggunakan protokol yang tidak kompatibel. Untuk memungkinkan untuk mentransfer data antara jaringan, konverter protokol yang digunakan. Mengkonversi protocol menerima data dan kontrol pesan, memformat data dan kontrol mengkonversi pesan, dan Retransmit data menggunakan aturan protokol baru.

Jaringan Manajemen
Manajemen jaringan ditetapkan prosedur, peralatan, dan operasi yang menyimpan jaringan telekomunikasi yang beroperasi di dekat meskipun efisiensi maksimum beban yang tidak biasa atau kegagalan peralatan. Manajer jaringan harus mampu memantau, mengkonfigurasi, dan mengoperasikan peralatan jaringan mereka dari lokasi yang jauh komunikasi menggunakan seperangkat protokol manajemen jaringan.

Sebuah protokol manajemen jaringan kunci adalah protokol manajemen jaringan sederhana (SNMP). SNMP adalah protokol komunikasi standar industri yang digunakan untuk mengelola beberapa jenis perangkat jaringan (kebanyakan pedagang mematuhi pada tingkat tertentu.) Oleh sesuai dengan protokol SNMP, majelis peralatan yang diproduksi oleh produsen yang berbeda dapat dikelola oleh satu program pengelolaan jaringan. Sementara banyak vendor berusaha menyediakan konfigurasi dan administrasi kepemilikan perangkat lunak untuk produk mereka, banyak dukungan fitur diagnostik dan pemeliharaan melalui penggunaan SNMP.

Tinjauan
Jaringan data dapat dikategorikan sebagai tempat jaringan distribusi (PDNs), jaringan area lokal (LAN), metropolitan area network (Mans), wide area network (WAN), dan jaringan data nirkabel (WDNs).

Bangunan Distribution Networks (PDN)
Sebuah bangunan jaringan distribusi (PDN) adalah jaringan jangka pendek yang terletak pada fasilitas pelanggan atau bahkan di dalam daerah pribadi mereka. Sebuah PDN digunakan untuk menghubungkan perangkat terminal (mouse dan keyboard) untuk komputer dan peralatan jaringan data. Yang paling umum adalah jenis PANS universal serial bus (USB) dan FireWire (IEEE-1394). Ketika jaringan PDN menggunakan teknologi nirkabel mereka disebut jaringan wilayah pribadi nirkabel (WPAN). Populer jenis sistem WPAN termasuk Bluetooth dan RFHome / SWAP.

PANS jarak pendek jaringan komunikasi yang memiliki kisaran puluhan atau ratusan kaki. Mereka biasanya dirancang untuk memungkinkan salah satu koneksi untuk beroperasi sebagai controller (host) dan sambungan lainnya (s) untuk mengikuti perintah dari host (seorang budak). PANS biasanya memiliki kecepatan transfer data dari 1 Mbps (nirkabel) hingga 480 Mbps (kabel).


Local Area Networks (LAN)
Jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komunikasi data pribadi yang digunakan berkecepatan tinggi saluran komunikasi digital untuk interkoneksi komputer dan peralatan terkait di wilayah geografis yang terbatas. LAN dapat menggunakan serat optik, koaksial, twisted-pair kabel, atau radio transceiver untuk mengirim dan menerima sinyal data. LAN's adalah jaringan komputer, biasanya komputer pribadi, terhubung bersama-sama di dekat (kantor pengaturan) untuk satu sama lain untuk berbagi informasi dan sumber daya. Kedua dominan arsitektur LAN token ring dan Ethernet. Teknologi LAN lain ArcNet, AppleTalk, dan antarmuka data terdistribusi serat (FDDI). Ketika jaringan area lokal nirkabel menggunakan teknologi, mereka disebut jaringan area lokal nirkabel (WLAN). Populer WLAN termasuk 802,11 dan HyperLAN.

LAN jarak menengah jaringan komunikasi yang memiliki kisaran ratusan sampai ribuan kaki. Mereka biasanya dirancang untuk memungkinkan setiap perangkat beroperasi secara independen (rekan rekan). LAN biasanya memiliki kecepatan transfer data dari 2 Mbps (nirkabel) sampai 10 Gbps (optik).


Metropolitan Area Networks (MAN's)
Sebuah MAN adalah jaringan komunikasi data atau kelompok saling terkait jaringan data yang memiliki batas-batas geografis suatu wilayah metropolitan. Mans digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sama sekali atau sebagian terpisah dari jaringan lain. MAN's menawarkan kemampuan untuk menghubungkan jaringan di wilayah metropolitan seolah-olah mereka bersama-terletak di gedung yang sama atau di kampus yang sama. Untuk membuat MAN, bisnis memasang atau menyewa link komunikasi antara LAN. Tulang punggung interkoneksi untuk MAN secara rutin kapasitas tinggi sistem berbasis serat. Ini memberikan data yang cukup tinggi transfer rate dan menyediakan tingkat tinggi toleransi kesalahan. MAN's biasanya menggunakan cincin serat dual sistem yang penyembuhan diri (sambungan otomatis rerouting) untuk memungkinkan komunikasi tidak terganggu jika garis serat dipotong atau rusak.


Wide Area Networks (WAN's)
WAN adalah jaringan komunikasi yang menyediakan layanan pengiriman data melalui wilayah yang terpisah secara geografis besar. Sebuah WAN dapat dibentuk dengan menghubungkan bersama-sama dua atau lebih wilayah metropolitan jaringan, yang memungkinkan terminal data di satu kota untuk mengakses sumber-sumber data di kota atau negara lain. Ketika wide area network menggunakan teknologi nirkabel, mereka biasanya disebut jaringan data mobile (mDNS).

Jaringan Data Wireless
Jaringan data nirkabel memungkinkan komputer dan jenis perangkat pengolahan data untuk berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan propagasi radio sebagai media transmisi. Ada tiga jenis utama jaringan data nirkabel; jaringan wilayah pribadi nirkabel (WPANs), jaringan area lokal nirkabel (WLAN), dan jaringan data mobile (mDNS).

Wireless personal area network (WPANs) bersifat sementara (ad-hoc) shortrange sistem komunikasi nirkabel yang biasanya menghubungkan aksesoris pribadi seperti headset, keyboard, dan perangkat portable peralatan komunikasi dan jaringan.

LAN nirkabel dapat menjadi perpanjangan kabel LAN yang ada atau dapat menjadi satu-satunya interkoneksi data yang digunakan oleh jaringan baru. Sementara beradaptasi baik lingkungan indoor dan outdoor, LAN nirkabel secara khusus cocok untuk lokasi indoor seperti bangunan kantor, lantai produksi, rumah sakit dan universitas. Wireless LAN yang umumnya menggunakan baik inframerah atau frekuensi radio (RF) sebagai media transmisi. Inframerah line-of-sight saja, dan menimbulkan masalah di banyak lingkungan kantor bila dilihat sebagai solusi tunggal.
RF tidak line-of-sight dan dengan demikian tidak tunduk pada masalah-masalah inframerah. Namun, LAN nirkabel dapat mengalami gangguan dari perangkat lain yang ditemukan di kantor atau pabrik yang dapat mengurangi kecepatan transmisi data untuk semua perangkat dalam jaringan. Sistem WLAN biasanya mengirimkan data sampai dengan 54 Mbps (2-11 Mbps yang lebih khas).


Data Modem
Data modem adalah alat yang mengkonversi sinyal antara format analog dan digital untuk transfer ke jenis lain jalur komunikasi. Modem data digunakan untuk mentransfer data analog sinyal melalui saluran telepon konvensional. Istilah modem juga dapat merujuk ke perangkat atau rangkaian yang mengubah sinyal analog dari satu band frekuensi yang lain.

Koneksi tunggal (point-to-point) rangkaian data analog memerlukan modem pada tiap ujung untuk mentransfer sinyal-sinyal digital. Jenis modem yang digunakan pada masing-masing ujung harus sesuai karena proses encoding dan decoding. Jalur komunikasi analog audio dibatasi bandwidth 300 Hz untuk 3.300 HZ. Untuk mengkomunikasikan data digital dan sinyal kontrol, modem bervariasi frekuensi pembawa dalam setiap arah didasarkan pada setuju untuk algoritma untuk encoding bit.

Digital Service Unit (DSU) / Channel Service Unit (CSU)
DSU / CSU 's adalah setara digital dari modem analog dan terjemahan codec (Kode dan decode) digabungkan dengan pemutusan jaringan antarmuka (NTI). DSU / CSU 's beroperasi hanya dalam lingkungan digital. DSUs / CSUs bekerja sama untuk memformat dan channelize sinyal-sinyal digital untuk transmisi pada saluran beberapa baris.

Hub
Sebuah hub adalah perangkat komunikasi yang mendistribusikan ke beberapa perangkat komunikasi dalam jaringan melalui siaran ulang data yang telah diterima dari satu (atau lebih) dari perangkat yang terhubung ke sana. Sebuah hub umumnya adalah sebuah alat yang sederhana mendistribusikan kembali data pesan ke beberapa penerima. Namun, switching hub dapat mencakup fungsional dan multi-titik sambungan routing dan fungsi kontrol sistem yang canggih. Hub dapat pasif atau aktif. Passive hub hanya langsung ulang (re-broadcast) data yang diterima. Active hub baik menerima dan regenerasi data yang diterimanya.


Jembatan
Sebuah jembatan adalah perangkat komunikasi data yang menghubungkan dua atau lebih segmen jaringan komunikasi data dengan meneruskan paket-paket di antara mereka. Jembatan beroperasi sebagai konektor fisik dan penyangga antara tipe jaringan yang sama.

Jembatan memperluas jangkauan dari satu segmen LAN lain. Jembatan memiliki ingatan yang memungkinkan mereka untuk menyimpan dan meneruskan paket.
Jembatan protokol independen sebagai protokol tidak melakukan adaptasi.

Jembatan berisi paket forwarding alamat-tabel (tabel routing) yang mereka gunakan untuk menentukan apakah paket harus dikirim antara jaringan. Seorang administrator jaringan mungkin program awalnya forwarding paket-meja atau dapat diprogram melalui penemuan alamat paket (self-belajar) yang diterima oleh jembatan. Sebuah jembatan belajar mandiri memonitor lalu lintas paket dalam jaringan untuk terus-menerus memperbaharui forwarding paket-meja.

Jembatan terutama beroperasi pada lapisan fisik dan link lapisan dari model referensi OSI. Sebuah bridge menerima paket-paket dari satu jaringan, memeriksa alamat paket untuk menentukan apakah harus diteruskan ke jaringan lainnya (s) terhubung ke, dan mentransmisikan kembali paket mengikuti aturan protokol standar untuk sistem terhubung ke.

Routers
Sebuah router adalah sebuah alat yang mengarahkan (rute) data dari satu jalan ke yang lain dalam jaringan. Router mendasarkan informasi beralih pada satu atau lebih informasi parameter yang terkandung dalam paket data yang mereka terima. Parameter ini dapat meliputi alamat tujuan, ketersediaan jalur transmisi atau saluran komunikasi, jumlah maksimum yang diperbolehkan menunda transmisi paket dapat menerima, bersama dengan parameter kunci lainnya. Router yang menghubungkan jalur data antara berbagai jenis jaringan kadang-kadang disebut gerbang.

Router menyediakan beberapa fungsi yang sama dengan switch jaringan. Fungsi utama mereka adalah untuk menyediakan jalan bagi setiap routable paket ke tujuannya. Ketika sebuah router awalnya diinstal ke dalam sebuah jaringan, ia mulai hidupnya dengan meminta alamat jaringan data. Menggunakan alamat jaringan data ini, ia akan mengirimkan (broadcast) pesan ke router terdekat dan mulai untuk menyimpan alamat dari router koneksi yang terletak di sekitarnya. Router secara teratur bertukar informasi koneksi (daftar perangkat terhubung ke) dengan router terdekat untuk membantu mereka menjaga informasi routing paket terbaru.

Gateway
Gateways adalah perangkat yang memproses informasi (data) atau jasa yang dipertukarkan antara dua yang berbeda sistem komputer atau jaringan data. Sebuah gateway data dan protokol reformats sedemikian rupa sehingga kedua sistem atau jaringan dapat berkomunikasi. Gateway dapat mengkonversi paket-paket data antara jaringan yang berbeda. Karena jaringan mungkin memiliki berbagai jenis alamat atau menawarkan berbagai jenis layanan, gateway dapat mengkonversi satu bentuk pelayanan (seperti standar sinyal telepon) ke dalam bentuk lain pelayanan (seperti IP telepon sinyal).

Firewall
A firewall is a device or software program that runs on a computer that provides protection from external network intruders by inhibiting the transfer of unauthorized packets and by allowing through packets that meet safe criteria. There are various processes that can be used by firewalls to determine which packets are authorized and packets that should be rejected (not forwarded).

Because firewalls can use many different types of analysis to determine packets that will be rejected, they can be complicated to setup. If a firewall is not setup correctly, it can cause problems for users that are sending and expected return packets that may be blocked by the firewall. Because firewalls process and analyze information, this process requires additional time and this can slow down network data transfer and response time.

Ethernet
Ethernet adalah packet switching protokol transmisi yang digunakan dalam LAN dan jarak pendek dan menengah sistem komunikasi data. Ethernet sering dicirikan oleh kecepatan transmisi data dan jenis medium transmisi (misalnya, twisted pair adalah T dan serat adalah F). Sistem ethernet pada tahun 1972 dioperasikan pada 1 Mbps. Pada tahun 1992, Ethernet berkembang sampai 10 Mbps kecepatan transfer data (disebut 10 Base T). Pada tahun 2001, Ethernet kecepatan transfer data yang disertakan 100 Mbps (100 BaseT) dan 1 Gbps (1000 Base T). Pada tahun 2000, 10 Gigabit Ethernet prototipe serat telah ditunjukkan.

Ethernet dapat disediakan di twisted pair, koaksial kabel, wireless, atau kabel serat. Pada tahun 2003, Common koneksi kabel Ethernet adalah 10 Mbps, 100 Mbps, dan 1000 Mbps (1 Gbps). 100 Mbps Ethernet (100 BaseT) ini biasanya disebut "Fast Ethernet" dan 1000 BaseT ini biasanya disebut "Gigabit Ethernet." Wireless sistem Ethernet memiliki kecepatan transmisi data yang biasanya terbatas dari 2 Mbps sampai dengan 54 Mbps.
Ethernet adalah lebih tua daripada cincin token dan didasarkan pada teknologi bus linear. Originally diinstal dengan menggunakan RG-6 / 8 coaxial cable (disebut "thicknet"), itu digunakan untuk bus berkecepatan tinggi aplikasi untuk menghubungkan mainframe dan minicomputer. Dengan pertumbuhan komputer pribadi (PC) workstation di 80-an dan awal 90-an, strategi kabel baru ini dilaksanakan dengan menggunakan lebih kurus koaksial RG-58 kabel (disebut "thinnet"). Pada pertengahan-90's baru twisted pair standar yang ditetapkan dan kecepatan yang lebih tinggi dicapai. 10 Mbps (10BaseT) menjadi dicapai pada Kategori 3 unshielded twisted pair (UTP) kawat.

Karena sistem Ethernet dapat menggunakan sistem pengkabelan yang berbeda (misalnya, serat, kabel coaxial, dan twisted pair kawat), kartu interface jaringan (NIC) harus berisi sebuah konektor yang kompatibel dengan sistem pengkabelan. Untuk mengizinkan sambungan ke berbagai jenis sistem pengkabelan, beberapa kartu NIC datang dengan beberapa konektor. Berbagai jenis termasuk konektor DB-15 AUI Konektor untuk thicknet (besar membujuk), BNC konektor coaxial untuk thinnet (tipis membujuk), dan RJ-45 (jenis telepon modular plug) untuk twisted pair.

Token Ring
Cincin token adalah sebuah sistem LAN yang dikembangkan oleh IBM yang lolos tanda untuk masing-masing komputer yang terhubung ke jaringan. Penyelenggaraan izin token komputer untuk mengirimkan data. Cincin token spesifikasi IEEE 802.5 dan token ring kecepatan transmisi data berkisar dari 4 Mbps atau 16 Mbps. 100 Mbps dan kecepatan yang lebih tinggi cincin token dalam pembangunan.

Jaringan cincin token non-sistem berbasis pertengkaran, karena setiap komputer yang terhubung melalui jaringan cincin token harus sudah menerima dan mengadakan tanda sebelum dapat menularkan.
Hal ini memastikan komputer tidak akan mengirimkan data pada waktu yang sama. Sistem cincin token menyediakan sistem kontrol yang efisien ketika banyak komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Ini adalah alasan mengapa sistem cincin token tidak akan melihat data lalu lintas degradasi ketika banyak pengguna baru ditambahkan dibandingkan dengan sistem Ethernet. Namun, melewati tanda tidak menambahkan overhead (pesan kendali tambahan) yang mengurangi transmisi data keseluruhan bandwidth dari sistem.

Cincin token LAN arsitektur diciptakan oleh IBM dan dipuji untuk menjadi standar untuk klien IBM mainframe yang berusaha untuk menggantikan terminal 3.270 penuaan dengan LAN's. IBM juga mengembangkan standar pengkabelan bersama dengan perangkat hub-seperti yang disebut akses stasiun multi-unit (MAU's). MAU asli yang membentuk jaringan bintang dengan PC klien dan simulasi cincin internal. Pada PC yang terhubung ke MAU melalui kategori IBM tipe 1, 2, atau 3 kabel.

Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
Antarmuka data terdistribusi serat (FDDI) adalah protokol jaringan komputer yang menggunakan kabel fiber optik sebagai medium transmisi untuk menyediakan data berkecepatan tinggi untuk layanan transmisi LAN. FDDI adalah protokol token. Dasar tingkat transmisi FDDI adalah 100 Mbps. FDDI biasanya digunakan sebagai jaringan tulang punggung yang interkoneksi beberapa LAN dalam sebuah perusahaan. The FDDI spesifikasi IEEE 802.2 dan kecepatan transmisi data FDDI kisaran 100-200 Mbps. 1000 Mbps dan kecepatan yang lebih tinggi FDDI dalam pembangunan.

FDDI adalah arsitektur LAN yang didasarkan pada serat berlebihan cincin yang mentransmisikan arah yang berlawanan. Salah satu cincin adalah cincin utama dan cincin yang lain adalah cincin sekunder. Ketika cincin primer berhenti menjadi operasional (seperti memotong kabel) reconfigures jaringan itu sendiri (disebut "selfhealing") dan sekunder reconfigures cincin adalah sebagai cincin primer.

Kedua single mode dan serat multimode sistem kabel serat dapat digunakan dengan FDDI.
Multimode serat optik memiliki bandwidth yang lebih luas kemampuan transmisi. Namun, ini memperkenalkan distorsi dan membatasi jarak maksimum untuk sistem serat multimode sekitar 2 kilometer. Sistem serat single mode memiliki jangkauan maksimum sekitar 60 km.

FDDI adalah token passing arsitektur token ring yang berbeda dari dalam bahwa sementara stasiun memiliki tanda dapat mengirimkan sebanyak mungkin bingkai sebelum token berakhir. Karena itu, akan ada beberapa frame pada cincin setiap saat.

Perangkat interkoneksi dalam jaringan FDDI termasuk melekat dual konsentrator (DAC) dan dual stasiun terlampir (DAS). Perangkat ini menghapus dan menyisipkan data ke FDDI cincin. Masing-masing perangkat ini memiliki kemampuan transmisi ganda. Jika cincin serat dipotong, mereka dapat secara otomatis data redirect ke saluran yang lain (cincin sekunder).

DAC adalah konsentrator optik yang mengkonversi data pada sistem FDDI ke format lain yang dapat digunakan untuk menyambung ke jaringan data lainnya. Ini memungkinkan seseorang FDDI node jaringan untuk menghubungkan ke banyak perangkat komunikasi data lainnya.


Internet
Internet adalah jaringan data publik bahwa swasta dan pemerintah interkoneksi komputer. Internet transfer data dari titik-to-point dengan paket yang menggunakan protokol Internet (IP). Masing-masing paket ditransmisikan di Internet menemukan jalan melalui jaringan switching melalui node (komputer). Setiap simpul di Internet ke depan menerima paket ke lokasi lain (node lain) yang lebih dekat ke tujuannya. Setiap simpul berisi tabel routing yang menyediakan informasi paket-forwarding. Internet dirancang untuk memungkinkan komunikasi data kontinu dalam acara beberapa bagian dari jaringan yang cacat. World Wide Web (WWW) adalah aplikasi di Internet yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi grafis melalui komputer yang terhubung ke Internet.

Internet adalah jaringan dari jaringan. Walaupun jaringan-jaringan ini saling berkomunikasi dengan menggunakan berbagai bahasa (protokol), mereka semua sepakat untuk transportasi data di dalam jaringan mereka menurut yang umum disebut bahasa komunikasi internet protokol kontrol transmisi / Internet Protocol (TCP / IP). TCP / IP adalah serangkaian protokol yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS (US DOC) yang memfasilitasi interkoneksi sistem komputer yang berbeda di seluruh jaringan. Protokol TCP mengkoordinasikan aliran keseluruhan data selama sesi komunikasi data antara titik (node) di Internet.

IP adalah suatu struktur yang memungkinkan pengalamatan paket data yang akan disalurkan (diarahkan) ketika mereka bermigrasi melalui jaringan yang berbeda untuk mencapai tujuan akhir mereka. Setiap jaringan menerima paket data dalam format yang kompatibel dengan Internet (alamat IP diikuti oleh kontrol dan data informasi) dan mereka encapsulate (tempat seluruh data internet pesan ke dalam format paket data sendiri (termasuk alamat IP dan informasi kontrol) . Hal ini memungkinkan paket data IP (disebut "datagrams") yang akan dikirim melalui jaringan aktual mereka terlepas dari panjang atau format.

Gambar 17 menunjukkan bahwa Internet adalah jaringan dari jaringan dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa protokol universal TCP / IP. Diagram ini menunjukkan pengguna yang mengirimkan email melalui Internet. Dalam diagram ini, aplikasi email. Data dari email yang dibagi ke dalam paket-paket dan diberi nomor urut oleh protokol TCP. Alamat tujuan ditambahkan untuk setiap paket oleh IP layer. IP paket tersebut kemudian dikirim melalui Ethernet LAN dengan encapsulating IP datagram dalam paket data Ethernet. Ketika paket data diekstrak dari Ethernet, ditempatkan pada jalur transmisi E1. Ketika paket data IP mencapai jaringan ATM, maka sangat kecil dibagi menjadi 53 byte paket data yang berjalan melalui jaringan ATM. Ketika paket-paket ATM mencapai tujuan di jaringan ATM, datagram IP yang asli adalah diciptakan kembali dan ditransfer melalui jalur komunikasi T1. Jalur komunikasi yang T1 antarmuka ke jaringan data Ethernet lain. Ethernet ini merangkum jaringan data IP datagram dan meneruskannya ke NIC komputer penerima. NIC dari komputer yang menerima menghapus alamat IP dan reassembles IP paket data untuk membentuk pesan email asli.

Asynchronous Transfer Mode 25 (ATM 25)
ATM 25 adalah kecepatan yang rendah (25 Mbps) versi dari modus transfer asinkron (ATM) sistem. Teknologi ATM relatif kompleks jika dibandingkan dengan Ethernet dan token sistem cincin. Akibatnya, penggunaan standar teknologi ATM dalam sistem LAN telah terbatas. Namun, selama 25 Mbps versi standar ATM dikembangkan untuk PDN LAN. Kemampuan sistem ATM untuk secara bersamaan menyediakan beberapa saluran komunikasi dengan berbagai tingkat kualitas layanan (QoS) membuatnya menguntungkan untuk digunakan dalam sistem multimedia. 25 teknologi ATM digunakan untuk menyediakan video digital dan akses internet melalui penggunaan ATM dalam digital subscriber line (DSL) dan sistem modem kabel.

Phoneline Networking
Pada akhir 1990-an, rumah phoneline aliansi jaringan (HomePNA) mengembangkan suatu spesifikasi yang memungkinkan komputer dan data rumah perangkat (seperti printer jaringan) untuk interkoneksi melalui kabel telepon rumah standar. Pada generasi pertama phoneline jaringan, kecepatan data dari 1 Mbps sudah dicapai, tetapi baru-baru ini kecepatan transmisi data sebesar 10 Mbps telah dibuktikan. Phoneline Jaringan yang menggunakan NIC khusus itu mengirim dan menerima sinyal frekuensi tinggi yang tidak mengganggu layanan telepon standar.
Untuk menghubungkan ke jaringan phoneline koneksi DSL, sebuah jembatan phoneline harus digunakan

Universal Serial Bus (USB)
Universal serial bus (USB) adalah komunikasi data jarak pendek antarmuka (biasanya, hanya beberapa meter) yang sekarang sudah standar pada kebanyakan komputer pribadi. USB ini dirancang untuk menggantikan yang lebih tua lebih lambat komunikasi data UART port.
Ijin port USB kecepatan transmisi data hingga 12 Mbps. Sebagian besar komputer yang diproduksi pada tahun 2001 termasuk universal serial bus (USB) konektor. Bus data USB juga dapat menghubungkan perangkat hingga 10 bus yang sama dengan menggunakan perangkat hub biaya rendah. USB baris hanya dapat memperpanjang untuk beberapa meter dari komputer.

FireWire
FireWire adalah komunikasi data jarak pendek antarmuka (hingga sekitar 5 meter) yang didasarkan pada standar industri IEEE-1394.
FireWire dapat menularkan pada kecepatan sampai dengan 400 Mbps dan dapat mendukung sampai dengan 63 perangkat per bus. Firewire menyediakan isochronous (berulang-ulang format data streaming) yang memungkinkan untuk mentransfer sinyal audio dan video.

Layanan
Beberapa layanan utama yang disediakan oleh operator jaringan data termasuk penyedia layanan Internet (ISP) dan virtual private network (VPN).

Internet Service Provider (ISP)
Penyedia layanan internet adalah perusahaan yang menyediakan pengguna akhir dengan layanan komunikasi data yang memungkinkan mereka untuk terhubung ke Internet. ISP membeli link berkecepatan tinggi ke Internet dan membagi atas transmisi data untuk memungkinkan lebih banyak pengguna untuk terhubung ke Internet. Penyedia layanan internet menyediakan sebuah gateway antara pengguna akhir dan Internet.
Untuk layanan ini, sebuah ISP biasanya menetapkan biaya akses bulanan dan mungkin akan mengenakan biaya untuk jumlah waktu atau jumlah data yang ditransfer selama periode penagihan.

Virtual Private Networks (VPN's)
Virtual private network (VPN) operator jaringan menyediakan sambungan data kepada perusahaan-perusahaan untuk memungkinkan interkoneksi jaringan data.
Perusahaan menggunakan VPN untuk membuat Mans atau WAN.

Contoh terbaik dari VPN's saat ini ATM dan frame relay jaringan yang menghubungkan beberapa situs klien pada apa yang tampak sebagai rangkaian khusus. Dalam jaringan ini, data dikirim melalui jaringan VPN menggunakan algoritma routing yang mentransfer data berdasarkan kemacetan dan prioritas. Karena kecepatan dan toleransi kesalahan dari jaringan penyedia VPN, klien perusahaan beroperasi seolah-olah hubungan antar situs yang didedikasikan sirkuit.

Future Enhancements
Future tambahan untuk jaringan komunikasi data mencakup peningkatan kecepatan transmisi data, LAN telephony, dan area penyimpanan jaringan (SAN).

10 Gigabit Ethernet (10 GE)
10 Gigabit Ethernet (10 GE) adalah suatu sistem komunikasi data yang menggabungkan teknologi Ethernet dengan transmisi kabel fiberoptic untuk menyediakan transmisi komunikasi data pada 10 Gbps (10.000 Mbps).
Spesifikasi untuk 10 GE sedang dikembangkan oleh Gigabit Ethernet Alliance. The Gigabit Ethernet Alliance adalah kelompok perusahaan yang dibentuk pada bulan Januari 2000.

LAN Telephony
LAN telephony (kadang-kadang disebut TeLANophy) menggunakan sistem LAN untuk transportasi komunikasi suara. LAN teknologi telepon adalah menggabungkan suara dengan packetized data kecepatan tinggi kemampuan transmisi sistem LAN. Kemampuan untuk berbagi jaringan data dengan sistem suara menawarkan pengurangan biaya yang signifikan untuk layanan telepon.

Sistem telepon LAN LAN terdiri dari telepon, jaringan data, sebuah LAN sistem pengolahan panggilan, dan suara pintu gerbang ke PSTN. LAN telepon mengkonversi digital audio menjadi paket-paket yang ditransfer di LAN untuk pemrosesan panggilan komputer (sistem CTI). Setiap LAN telepon jaringan memiliki alamat data yang terkait dengan nomor telepon atau nomor ekstension.

LAN telepon dapat diintegrasikan ke dalam komputer atau mereka dapat bersama telepon standar LAN yang menggunakan protokol-protokol yang berkomunikasi dengan sistem. Pada tahun 2001, terdapat beberapa manufaktur memproduksi IP telepon.

Storage Area Networks (SAN)
Storage area network (SAN) mendistribusikan data dan informasi lainnya untuk beberapa perangkat penyimpanan data yang saling berhubungan dengan jaringan data. SAN memungkinkan untuk berbagi sumber daya dan pengumpulan informasi dalam bentuk file bersama baik pada tingkat server dan klien (individu PC) tingkat. Storage area network (SAN's) memberikan toleransi kegagalan operasi melalui penggunaan penyimpanan data yang berlebihan di beberapa lokasi. Jika kegagalan terjadi dalam satu perangkat penyimpanan data, penyimpanan data redundan lain perangkat dapat secara otomatis digunakan sebagai cadangan sumber informasi.

0 komentar:

Posting Komentar