10/24/2011

Hakekat, Defenisi, Dan Konteks Komunikasi Antarmanusia

 
Hakekat Komunikasi
Proses komunikasi pada hakekatnya adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan).
Pikiran bisa merupakan gagasan, informasi, opini, dan lain-lain yang muncul dari benaknya. Perasaan bisa berupa keyakinan, kepastian, keragu-raguan, kekhawatiran, kemarahan, keberanian, kegairahan, dan sebagainya yang timbul dari lubuk hati.
 
Defenisi Komunikasi
Istilah komunikasi berpangkal pada perkataan Latin Communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.
Komunikasi juga berasal dari akar kata dalam bahasa Latin Communicio, artinya membagi (Cangara, 2002:18)

Komunikasi (Terminologi) : -  Komunikasi sebagai tindakan satu arah
-    Komunikasi sebagai interaksi
-    Komunikasi sebagai transaksi        

PROSES KOMUNIKASI PERSPEKTIF PSIKOLOGIS
Proses komunikasi ini berlangsung pada diri peserta komunikasi (komunikator dan komunikan) dan lazimnya disebut proses encoding dan decoding. 
           
Encoding yaitu yakni proses pengalihan pikiran ke dalam bentuk lambang. Ini dilakukan oleh komunikator. Sedangkan decoding adalah   Pengawasan, yaitu proses di mana komunikan menetapkan makna pada lambang yang disampaikan oleh komunikator kepadanya.

PROSES KOMUNIKASI PERSPEKTIF MEKANISTIS
Proses komunikasi ini berlangsung ketika komunikator mengoperkan lambang (lisan atau tulisan) dan ditangkapoleh idera komunikan. Proses komunikasi  dalam perspektif mekanistis ini dibedakan menjadi:
       Proses komunikasi primer, yaitu proses penyampaian pikiran oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan lambang (simbol) sebagai media atau saluran. Lambang di sini biasanya adalah bahasa atau kial (gesture), yaitu gerak anggota tubuh, gambar, warna, dan sebagainya.
       Proses komunikasi sekunder, yaitu proses penyampaian pesan oleh komunikatore kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah menggunakan lambang sebagaimana pada komunikasi primer. Media kedua ini diantaranya, surat, telepon, pengeras suara, surat kabar, radio, dan televisi.
       Proses komunikasi linier. Linier berarti lurus. Artinya, proses penyampaian pesan  oleh komunikator kepada komunikan sebagai titik terminal. Komunikasi jenis ini  bisa berlangsung dalam situasi tatap muka (face-to-face communication) maupun bermedia (mediated communication).
       Proses komunikasi sirkuler, yaitu komunikasi yang bersifat timbal balik, di dalamnya ada feed-back (umpan balik) yang saling dipertukarkan.

0 komentar:

Posting Komentar