10/24/2011

Jaringan Komputer Kecepatan Tinggi



Jaringan computer local terus berkembang secara evolusi, baik kemampuan maupun kecepatanya. Perkembangan ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan informasi bagi masyarakat, khususnya pengguna jaringan computer local. Para pengguna selain ingin mengintegrasikan data dan informasi yang terdapat dalam suatu bagian atau ruang atau segmen tertentu, akhirnya juga menginginkan untuk menggabungkan jaringan local tiap-tiap bagian atau ruang atau segmen tersebut menjadi satu kesatuan.
Untuk mengintegrasikan jaringan-jaringan local tersebut dibutuhkan media yang memiliki kemampuan keamanan, dan kecepatan yang tinggi yang dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja jaringan tersebut.

JARINGAN TULANG PUNGGUNG (BACKBONE)
Jaringan tulang punggung adalah jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan local yang memiliki kecepatan rendah melalui gate away, jaringan tulang punggung ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi.
Keuntungan : performance jaringan lebih tinggi, instalasi lebih sederhana dan mudah. Kecepatan transfer mencapai 100 Mbps, sehingga mengurangi terjadinya peristiwa bottleneck. Mendukung lalu lintas data, suara dan gambar. Lingkup jaringan data mencapai 100 km.
Kekurangan : biaya lebih tinggi, baik untuk instalasi maupun perawatannya. Proses instalasi membuthkan tenaga ahli khusus.

Alasan Penggunaan Jaringan Tulang Punggung

Alasan yang mendasari digunakannya jaringan tulang punggung , antara lain adalah :
1.    Semakin meningkatnya kebutuhan interkoneksi antara jaringan local yang ada.
2.    Konsep instalasi dan manajemen jaringan tulang punggung lebih sederhana.
3.    Jaringan tulang punggung dapat meningkatkan performance dan mengatasi bottle neck transfer.










Perbandingan Interkoneksi Bridge Biasa dan Jaringan Tulang Punggung
Pada interkoneksi dengan waktu bridge biasa waktu transfer data memerlukan waktu yang lebih lama karena kecepatan maksimum yang digunakan 10-16 Mbps.
Keuntungan yang diperoleh dari sisem tersebut :
·         Lingkup geografis system jaringanlebih luas dimana jaringan local yang berada pada segmen-segmen yang berbeda dapat saling berhubungan.
·         Bridge dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jenis jaringan local.
·         Bridge memiliki kemampuan untuk menyaring lalu lintas data.
Kekurangan yang diperoleh dari system tersebut :
·         Semakin banyak jaringan local yang tergabung, maka bottle neck lalu lintas data semakin tinggi dan semakin kompleks manajemen jaringannya.
·         System ini jarak jangkauanya masih terbatas.

FIBER DISTRIBUTED DATA INTERFACE (FDDI)
FDDI adalah suatu teknologi jaringan untuk area local yang menyediakan bandwith yang cukup besar, FDDI tidak menggunakan kabel untuk membawa sinyal-sinyal listrik, FDDI menggunakan glass fiber dan mentrasferkan data dengan mengubahnya kedalam bentuk pulsa cahaya.





0 komentar:

Posting Komentar